In

10 Tips Fashion OOTD Agar Foto Instagram Kamu Makin Kece dan Kekinian


 Hobi foto-foto kini semakin marak saja, apalagi dengan perkembangan media sosial seperti Instagram. Hal itu makin diperkuat dengan inovasi teknologi komunikasi yang ditawarkan oleh produsen gadget maupun smartphone. Orang-orang dapat dengan mudah mengambil gambar melalui gawai kesayangan untuk bisa di-upload di media sosial.


Mereka yang sering memakai media sosial instagram tentu sangat akrab dengan istilah OOTD. What is OOTD? OOTD merupakan singkatan dari outfit of the day, yaitu pakaian yang dikenakan orang pada hari itu. Saat ini, OOTD telah menjadi fenomena yang makin digandrungi oleh banyak orang terutama para remaja maupun dewasa yang menggemari dunia fashion. Para penggemar fashion sering disebut juga dengan fashionista tentu sangat jeli memperhatikan setiap produk fashion yang dipakai oleh teman-temannya, artis maupun selebgram di Instagram.

Kehadiran orang-orang populer yang nge-hits di Instagram yang biasa disebut dengan selebgram menjadi primadona baru di dunia maya. Para selebgram tersebut biasanya mempunyai follower yang sangat banyak hingga ribuan. Berkat kegemarannya meng-upload foto-foto fashion OOTD, tak jarang para selebgram itu dilirik oleh online shop untuk mempromosikan atau mengkiklankan produk-produk fashion-nya. Tentu itu menjadi berkah tersendiri bagi selebgram.

Bagaimana membuat foto-foto OOTD yang Keren dan kekinian? Jika kamu perhatikan, foto-foto OOTD tidak hanya menampilkan orang yang sedang memakai pakaian semata. Ada hal-hal lain yang membuat foto-foto OOTD terlihat lebih kece. Misalnya, latar belakang (background) tempat pengambilan gambar di spot-spot hits yang Instagram-able maupun di tempat yang nggak mainstream yang bisa kamu pilih. Untuk spot indoor, kamu bisa mengambil tempat di kafe, gedung parkir, restoran, villa atau hotel. Sedangkan untuk outdoor, beberapa spot yang bisa dipakai yaitu lapangan, jalan raya, hutan, pantai, gunung maupun jembatan.

Selain itu, ada tips-tips foto fashion OOTD lain yang perlu diperhatikan, misalnya teknik atau sudut pengambilan gambar, komposisi, pencahayaan, pose, dan lainnya. Nah, untuk urusan proses pengambilan gambar, kamu bisa meminta bantuan teman atau orang lain untuk mengambil foto OOTD kamu. Ini penting agar kamu bisa lebih leluasa dalam berpose dan pakaian fashion yang digunakan terlihat lebih jelas.




1) Pakaian fashionable nan modis




Namanya aja OOTD alias outfit of the day, jadi kamu harus pakai pakaian yang fashionable dan semodis mungkin. Meski modis dan fashionable, bukan berarti kamu harus memakai model pakaian terbaru yang mahal harganya. Memakai pakaian yang simple atau casual pun bisa kamu lakukan, asal kamu punya kepercayaan diri saat di depan kamera.


2) Pose & gesture yang menarik


Mengeksplorasi pose-pose maupun gerak tangan (gesture) yang menarik adalah suatu keharusan jika kamu tidak mau mati gaya. Hasilnya, foto-foto OOTD fashion kamu lebih dinamis dan atraktif. Untuk inspirasi pose-pose yang keren, kamu bisa lihat dan meniru gaya selebgram atau artis terkenal. Meski bergaya atau berpose di depan kamera itu penting, kamu perlu tetap menjadi diri sendiri. 

3) Angle & komposisi yang sesuai




Agar foto OOTD kamu makin sempurna, ada baiknya kamu mempraktikkan teknik-teknik pengambilan gambar (angle). Ada beberapa angle pemotretan yang bisa kamu pakai, misalnya low anglehigh angleeye levelfrog view atau bird view supaya foto-foto OOTD Instagram kamu lebih variatif dan tidak gitu-gitu aja. Sudut pemotretan yang digunakan perlu memperhatikan konsep atau foto yang diinginkan. Misalnya, jika kamu ingin terlihat sejajar dengan subjek maka teknik yang dipakai yaitu eye level. Caranya, yaitu dengan menempatkan kamera sejajar dengan mata subjek.

4) Background yang unik



Hasrat ingin berfoto ria dengan pakaian OOTD di depan Menara Eiffel di Paris, Perancis yang tidak kesampaian bukan berarti akhir dari segalanya. Kamu masih punya harapan dan kesempatan memperoleh foto OOTD yang cantik dengan meng-explore tempat-tempat yang gak mainstream di sekitar kamu. Misalnya, kolong jembatan atau fly over yang sering kamu abaikan, ternyata bisa jadi background yang unik dan menarik.

5) Waktu pengambilan foto



Foto yang bagus ditentukan oleh pencahayaan yang cukup. Waktu-waktu yang biasa digunakan oleh fotografer profesional yaitu pada saat pagi hari atau sore hari atau disebut juga dengan golden hours. Pada waktu itu, cahaya alami dari sinar matahari tidak terlalu kuat sehingga foto yang dihasilkan lebih bagus. Untuk menambah atau mengatur pencahayaan, kamu bisa memakai flash jika memang diperlukan.

6) Edit or no edit?



Seringkali, foto yang dihasilkan tidak seperti yang diharapkan. Itu hal yang wajar, karena ada banyak faktor yang berada di luar kendali, misalnya peralatan memotret yang kurang lengkap, cuaca mendung, hujan deras, atau pencahayaan yang kurang. Nah, jika hasil fotonya masih ada kekurangan, tidak ada salahnya mengedit foto tersebut. Bagian tubuh yang perlu diedit terutama bagian wajah, agar foto terlihat lebih menawan.

7) Waktu upload foto



Waktu yang tepat buat upload foto kamu yaitu pada saat prime time. Yaitu, waktu ketika orang-orang lagi ramai melihat timeline Instagram. Waktu prime time tersebut yaitu sekitar jam 7-9 pagi, jam 12-1 siang, jam 7-10 malam. Meski bukan keharusan, meng-upload foto pada jam-jam tersebut dapat meningkatkan exposure foto kamu. Hasilnya, foto kamu akan banyak dilihat oleh lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak likes.

8) Beri tag & hashtag yang relevan



Memberi tag pada item fashion yang kamu pakai bisa memberi informasi pada follower kamu. Misalnya, kamu memakai tas, sepatu, hijab fashion dengan merek tertentu, maka beri tag untuk akun merek fashion tersebut. Sedangkan hashtag berguna agar foto kamu mudah ditemukan oleh orang lain, contohnya #ootd atau #ootdfashion. Jika cukup percaya diri, maka kamu bisa menciptakan hashtag milik kamu sendiri.


9) Caption yang bagus



Meski bukan sebuah keharusan, menuliskan caption yang bagus bisa memberi nilai lebih pada foto kamu. Foto OOTD fashion yang kamu upload dengan caption yang kreatif, bisa lebih bermakna dan memberi efek positif pada orang lain. Apalagi jika caption yang ditulis berupa kutipan-kutipan (quotes) motivasi yang membangkitkan semangat. 

10) Relax & have fun



Selain hal-hal teknis, satu hal jangan kamu lupakan, relax and have funYup, itu penting karena itu bisa mempengaruhi hasil foto kamu nantinya. Jika kamu rileks dan enjoy dengan proses pengambilan gambar, maka foto yang dihasilkan akan terlihat lebih naturalBayangin aja deh, jika kamu tegang, maka fotonya pasti tidak sebagus saat kamu sedang rileks. Tidak perlu terlalu mikirin hasil fotonya seperti apa, yang penting nikmatin aja setiap menit yang ada.

Kegiatan foto-foto memang sangat mengasyikkan, apalagi jika kamu bersama teman-teman dekat. Eplorasi tempat-tempat di sekitar kamu yang belum pernah dijelajahi dengan model pakaian terbaru agar foto kamu di Instagram makin kece dan kekinian. Eksis dengan foto-foto OOTD sih boleh-boleh aja, namun tetap stay humble yah.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar