In

Belajar Fotografi Yuk!

Fotografi bukan hal yang jarang lagi dilakukan oleh anak muda dijaman sekarang. Well, artikel kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu untuk para pemula dan ingi  mengenal, mempelajari soal fotografi.

Berikut 10 dasar yang perlu kalian pelajari

  1. Mengenal kamera - Mengenal dari bagian penting kamera dan juga fitur serta kemampuan kamera anda, sebagai fotografer sudah seharusnya anda mengenal kamera yang anda punya dan pelajari dari tiap-tiap tombol yang ada pada kamera.
  2. Cara menekan tombol Shutter - Tombol Shutter adalah tombol yang akan anda tekan untuk mengambil gambar (mengeshoot). Cara menekan tombol ini pada kamera DSLR berbeda dengan menekan kamera HP, kamera pocket, dan kamera mirrorlens atau sejenisnya.
  3. Mengenal Eksposure - Eksposure merupakan nyawa dari fotografi, jadi sangat direkomendasikan untuk anda mengetahui dan menguasai apa saja yang berhubungan dengan ekposure ini.
  4. Mengenal Eksposure Triangel - Eksposure Triangel mempunyai 3 elemen (pengaturan) yang disebut segitiga eksposur. 1. Shutter Speed 2. Aperture (diafragma) 3. ISO
  5. Tentang Lensa - Kamera terbagi antara body  dan lensa yang dihubungkan pada badan kamera.
  6. Teknik Type of Shot (Pengambilan Gambar) - Ada cara yang benar yang diberlakukan sesuai fungsi atau aturan fotografi untuk bagaimana cara mengambil gambar yang benar, hal ini disebut dengan Type of Shot.
  7. Mengenal Jenis Angle (Sudut Pengambilan Gambar) - Selain teknik pengambilan gambar sangan direkomendasikan juga untuk mengetahui macam-macam angle.
  8. Tentang Focus - Terbentuknya focus atau tidak didukung oleh beberapa hal, 1. Cara menggunakan fokus pada lensa 2. Cara AF Point atau titik area focus.
  9. Settingan Kamera dan Teknik Motret - ada beberapa settingan kamera yang perlu anda kuasai dan hal ini sangat berhubungan dengan hasil pemotretan. Selain itu perlu juga untuk mengetahui beberapa teknik dasar yang dibutuhkan dalam pemotretan, 1. Mengenal Light Meter 2. Mengenal jenis shooting dan Drive Mode 3. Mengenal White Balance (WB) 4. Mengenal Picture Style 5. Mengenal keseimbangan dan simetri 6. Mengenal Rule of Thirds
  10. Mengenal Genre Forografi - Fotografi juga mempunyai genre (aliran), dan fotografi memiliki banyak genre, ada genre fotografi yang umum dan ngehits.
Belaja fotografi jangan tergesah-gesah dan step by step jangan terlalu buru-buru melangkah ke tahap yang lebih sulit jika belum mengenal dasar dari fotografi, agar tidak membingungkan anda.
You can try 😊

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar